Deskripsi Mata Kuliah

  • By Webmaster
  • In Akademik
  • Posted 26 Januari 2017

deskmm

 SEMESTER I
AGAMA ISLAM I

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat mengimplementasikan berbagai macam cara mem perkuat Iman dan Taqwa dan mengembangkan akhlak mulia serta menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir dan berprilaku dalam pengembangan ilmu dan profesi.
AGAMA KRISTEN PROTESTAN I
Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat mengimplementasikan berbagai macam cara mem perkuat Iman dan Taqwa dan mengembangkan akhlak mulia serta menjadikan ajaran Kristen Protestan sebagai landasan berpikir dan berprilaku dalam pengembangan ilmu dan profesi.
AGAMA KATOLIK I

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat mengimplementasikan berbagai macam cara mem perkuat Iman dan Taqwa dan mengembangkan akhlak mulia serta menjadikan ajaran Katolik sebagai landasan berpikir dan berprilaku dalam pengembangan ilmu dan profesi.
 
AGAMA HINDU I

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat mengimplementasikan berbagai macam cara mem perkuat Iman dan Taqwa dan mengembangkan akhlak mulia serta menjadikan ajaran Hindu sebagai landasan berpikir dan berprilaku dalam pengembangan ilmu dan profesi.

AGAMA BUDHA I

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat mengimplementasikan berbagai macam cara mem perkuat Iman dan Taqwa dan mengembangkan akhlak mulia serta menjadikan ajaran Budha sebagai landasan berpikir dan berprilaku dalam pengembangan ilmu dan profesi.
 
BERPIKIR KRITIS & KREATIF

Mata kuliah Berpikir Kritis & Kreatif merupakan mata kuliah yang ditempuh pada semester I (satu) bagi mahasiswa manajemen. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan membentuk pola pikir mahasiswa yang memiliki daya analisis atas fakta dengan tajam dan mendalam. Selain itu pula, diharapkan melalui mata kuliah ini akan memberi stimulus pada mahasiswa untuk bisa menghasilkan gagasan kreatif dalam setiap pengambilan keputusan.
 
STATISTIK BISNIS I

Dalam menjalankan tugasnya, setiap Manajer dituntut untuk bisa mengambil keputusan bisnis dan menyelesaikan masalah-masalah bisnis dengan tepat, salah satu faktor penentunya adalah penggunaan teknik statistik yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh Manajer tersebut. Mata kuliah ini mempelajari berbagai metode statistik deskriptif dan inferensial yang dapat digunakan untuk membantu manajer dalam membuat keputusan penting yang diperlukan dalam menyelesaikan masalah-masalah bisnis dan penelitian. Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan media komputer, LCD, dan whiteboard. Kuliah akan diberikan selama 12 minggu, setiap minggu dilaksanakan 3 SKS dengan waktu 150 menit untuk setiap kali perkuliahan.
 
PENGANTAR BISNIS
Mata kuliah ini memberikan memberikan kepada mahasiswa pengetahuan dan wawasan tentang pengertian kegiatan dan perilaku bisnis (etika bisnis), maupun faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya secara umum. Dalam pengantar bisnis akan diberikan pengetahuan tentang bagaimana merencanakan bisnis, bentuk perusahaan, tata letak dan lokasi, lingkungan bisnis, manajemen, organisasi serta fungsi-fungsi keuangan, produksi, pemasaran, personalia, biaya yang harus dikelola untuk suatu perusahaan.
SEMESTER II
KOMUNIKASI BISNIS
Mata kuliah Komunikasi Bisnis membahas konsep, pola dan saluran – saluran komunikasi bisnis beserta hambatannya. Serta, bisnis, komunikasi dalam organisasi, komunikasi antar budaya, keterampilan berbicara dan berbisnis dan teknik-teknik berikut dalam komunikasi, verbal dan nonverbal, serta komunikasi tulisan maupun oral dan bagaimana mempraktekkannya dalam dunia kerja nyata.
 
PENGANTAR MANAJEMEN
Mata kuliah ini memberikan kepada mahasiswa wawasan tentang fondasi sejarah manajemen, pengelolaan lingkungan kerja baru, lingkungan dan budaya organisasi, pengelolaan lingkungan global, perencanaan organisasi, penentuan tujuan dan penyusunan strategi, pengambilan keputusan manajerial, dasar-dasar pengorganisasian, manajemen sumber daya manusia, landasan perilaku dan motivasi dalam organisasi dan fungsi pengendalian dalam organisasi.
 
RISET OPERASI / MANAJEMEN KUANTITATIF
Perkembangan ilmu dan tekhnologi yang sangat pesat dewasa ini menuntut kemampuan dalam mempertimbangkan segala kemungkinan untuk mengambil keputusan, terkait dengan pelaksanaan operasional perusahaan. Untuk itu diperlukan metode-metode dan teknik-teknik analisa kuantitatif yang terdapat dalam Operational Research.
 
STATISTIK BISNIS II
Dalam menjalankan tugasnya, setiap Manajer dituntut untuk bisa mengambil keputusan bisnis dan menyelesaikan masalah-masalah bisnis dengan tepat, salah satu faktor penentunya adalah penggunaan teknik statistik yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh Manajer tersebut. Mata kuliah ini mempelajari berbagai metode statistik lanjutan yang dapat digunakan untuk membuat keputusan penting yang diperlukan dalam menyelesaikan masalah-masalah bisnis, dan mempelajari penggunaan teknik analisis yang dapat digunakan untuk melakukan riset atau menyelesaikan skripsi. Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan media komputer, LCD, dan whiteboard. Kuliah akan diberikan selama 13 minggu, setiap minggu dilaksanakan 3 SKS dengan waktu 150 menit untuk setiap kali perkuliahan.
 
SEMESTER III
MANAJEMEN KEUANGAN I
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar manajemen keuangan, metode dan teknik-teknik pengelolaan keuangan perusahaan, terutama yang berkaitan dengan keputusan investasi dan pembelanjaan yang bersifat jangka pendek.
 
KEWIRAUSAHAAN
Mata kuliah Kewirausahaan merupakan mata kuliah yang ditempuh mahasiswa S1 Manajemen semester III. Mata kuliah ini memberikan mahasiswa S1 Manajemen wawasan mendalam dan pengalaman langsung (first-hand experience) tentang bagaimana menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan dan inovasi, melalui perancangan dan pengelolaan produk baru. Setelah pembekalan konsep pada pertemuan sebelum UTS, mahasiswa terjun langsung mengidentifikasi peluang pasar, merancang produk hingga tercipta prototype produk tersebut.
 
MANAJEMEN OPERASI DAN RANTAI PASOK
Mata kuliah ini membahas tentang konsep konsep dasar dari manajemen operasi dan rantai pasok, serta dukungan manajemen operasi dan rantai pasok pada strategi organisasi, baik organisasi manufaktur maupun jasa. Materi manajemen operasi di awali dengan pembahasan tentang peran strategi operasi untuk mencapai tujuan organisasi. Selanjutnya pemahaman pada, perancangan proses yang melliputi disain produk dan proses operasi dan rantai pasok, manajemen kualitas, perencanaan kapasitas, lokasi dan fasilitas serta tata letak fasilitas. Memulai proses operasi didahului dengan perencanaan terpadu, persediaan, MRP dan JIT serta penjadwalan untuk mendukung tercapainya kualitas operasi yang tinggi.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Mata kuliah ini ditujukan untuk mengembangkan kepekaan, ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa yang ingin terjun pada bidang manajerial. Mata kuliah ini memberikan landasan yang penting tentang manajemen, terutama yang terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia sebagai fungsi strategik dalam organisasi. Fungsi strategic ini meliputi peningkatan produktivitas, peningkatan kualitas kehidupan dan kerja, dan peningkatan profit melalui eksplorasi berbagai konsep dan kasus. Mata kuliah ini juga ditujukan untuk memberikan pemahaman mengenai bagaimana efektivitas dan kesuksesan organisasi dipengaruhi oleh bagaimana organisasi memotivasi, melatih/mengembangkan, mengompensasi, dan memberikan tantangan pada karyawan.
MANAJEMEN PEMASARAN
Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana aktivitas pemasaran dilaksanakan. Pokok bahasan yang disajikan pada mata kuliah ini meliputi konsep-konsep dasar pemasaran, analisis lingkungan, pesaing dan pelanggan, serta alat-alat pemasaran (produk, harga, saluran pemasaran, dan komunikasi pemasaran).
PERILAKU KEORGANISASIAN
Mata kuliah Perilaku keorganisasian merupakan mata kuliah yang ditempuh setelah mengambil mata kuliah pengantar manajemen. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang dampak yang ditimbulkan oleh perilaku individu, kelompok, sistem serta dinamika dalam organisasi, kemudian mengaplikasikan pengetahuan tsb untuk mengelola SDM dalam organisasi.
SEMESTER IV
MANAJEMEN KEUANGAN II
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar manajemen keuangan, metode dan teknik-teknik pengelolan keuangan perusahaan, terutama yang berkaitan dengan keputusan investasi dan pembelanjaan yang bersifat jangka panjang, kebijakan dividen, serta aspek strategis lainnya ,seperti reorganisasi dan likuidasi, penggabungan perusahaan,meliputi merjer, konsolidasi, dan akuisisi.
BISNIS INTERNASIONAL
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar manajemen keuangan, metode dan teknik-teknik pengelolan keuangan perusahaan, terutama yang berkaitan dengan keputusan investasi dan pembelanjaan yang bersifat jangka panjang, kebijakan dividen, serta aspek strategis lainnya ,seperti reorganisasi dan likuidasi, penggabungan perusahaan,meliputi merjer, konsolidasi, dan akuisisi.
TEORI ORGANISASI
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang perkembangan teori organisasi, dimensi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan struktur organisasi sehingga dapat memilih bentuk struktur yang tepat, dan sesuai dengan tujuan organisasi yaitu mencapai keefektifan organisasi. Selain itu mata kuliah ini membahas tindakan organisasi dalam mengelola lingkungan, perubahan, budaya, dan evolusi organisasi. Pengetahuan tersebut diharapkan nantinya akan bermanfaaf bagi mahasiswa apabila telah bekerja.
MANAJEMEN PERBANKAN
Mata kuliah Manajemen Perbankan ini memberikan kepada mahasiswa wawasan tentang Bank dan fungsi utama bank yang secara garis besar terdiri dari aktivitas penghimpunan dana, aktifitas penyaluran dana, dan pelayanan jasa kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Mata kuliah ini menekankan pembahasan pada aspek manajemen suatu bank, bukan melihat bank sebagai salah satu lembaga keuangan yang menjadi alat bagi BI ataupun pemerintah untuk mempengaruhi kondisi perekonomian secara makro. Ruang lingkup pembahasannya adalah meliputi fungsi utama bank, laporan keuangan bank, manajemen aset dan kewajiban bank, manajemen likuiditas, sampai pada penilaian kinerja bank dan tingkat kesehatan bank.
MANAJEMEN USAHA KECIL MENENGAH
Banyak orang mencari arti, identitas, kreatifitas, ketidaktergantungan, dan pencapaian dalam perkerjaan dan hidup. Salah satu cara yang terbaik adalah menjadi pemilik atau manajer dari sebuah ”small business”. Walaupun demikian, pengelolaan bisnis kecil ini sangat rumit, penuh tantangan namun memberikan penghargaan, dan kadang-kadang merupakan pekerjaan yang membuat frustasi. Untuk mencapai kesuksesan di dalam mengelola bisnis ini diperlukan pengetahuan pengelolaan usaha kecil menengah, di samping pentingnya keinginan, kerja keras, serta keberuntungan. Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan media komputer dan LCD serta whiteboard. Kuliah klasikal (metode ceramah) akan diberikan selama 4 minggu dan dilanjutkan dengan perencanaan dan pelaksanaan bisnis kecil secara nyata. Kuliah dilaksanakan 3 SKS dengan waktu 150 menit untuk setiap kali perkuliahan. Selain itu mahasiswa juga wajib konsultasi dengan para mentor di Rumah Usaha Mahasiswa.
MANAJEMEN PEMASARAN JASA
Mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa merupakan mata kuliah pilihan yang dapat diambil mahasiswa S1 Manajemen semester 4 yang sudah lulus dari mata kuliah Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini memberikan kepada mahasiswa S1 Manajemen wawasan mendalam dan pengetahuan tentang bagaimana perusahaan jasa melaksanakan aktivitas pemasaran kepada konsumen. Berbagai konsekuensi strategis pemasaran yang ditimbulkan dari karakteristik produk jasa yang berbeda inilah yang menjadi inti mata kuliah ini. Konsep dan teori dasar tentang pemasaran jasa, pengalaman konsumen, memberikan janji layanan pelanggan, penyampaian layanan, dan pengelolaan permasalahan pemasaran jasa dipelajari pada perkuliahan ini.
PERAMALAN BISNIS
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan metode yang tepat untuk meramalkan kondisi bisnis ke depan sebagai bahan perencanaan dan pengambilan keputusan.
SEMESTER V
PERENCANAAN BISNIS
Mata kuliah Perencanaan Bisnis merupakan mata kuliah yang ditempuh mahasiswa S1 Manajemen semester V yang memberikan wawasan mendalam dan pengalaman langsung (first-hand experience) tentang bagaimana mengidentifikasi permasalahan bisnis, merancang upaya perbaikan dan rekayasa ulang (business reengineering) pada bisnis yang sudah ada. Setelah pembekalan konsep pada pertemuan sebelum UTS, mahasiswa terjun langsung pada masing-masing bisnis yang ingin direkayasa ulang, mengidentifikasi peluang pasar, dan merancang ulang proses bisnis.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Matakuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester V, Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, dengan konsep dasar memahami sebuah System Informasi Manajemen di organisasi dengan standard Pengelolaan Data Digital.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN dan PENGANGGARAN
Mata kuliah ini merupakan pendalaman dari mata kuliah Manajemen Keuangan dan Akuntansi Keuangan yang menggali lebih banyak informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan berdasarkan data yang tersaji dalam laporan keuangan, yang selanjutnya informasi-informasi tersebut digunakan dalam pengambilan keputusan manajemen. Mata kuliah ini juga merupakan pendalaman mata kuliah akuntansi manajemen, di mana bahasannya meliputi bagaimana menyusun perencanaan dalam bentuk anggaran komprehensif bagi perusahaan supaya operasi perusahaan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien.
KEPEMIMPINAN
Mata kuliah KEPEMIMPINAN ini memberikan kepada mahasiswa S1 (undergraduate), pemahaman tentang konsep/teori kepemimpinan dengan tingkatan analisis kepemimpinan secara individual, kepemimpinan kelompok, dan kepemimpinan organisasional. Pada tingkatan analisis individual akan dibahas tentang deskripsi dan peran pemimpin, analisis hubungan antara tingkatan analisis individual, kelompok dan organisasional, serta paradigma teori tentang kepemimpinan; selain itu leadership traits and ethics, leadership behavior and motivation, bagaimana kepemimpinan mampu menjalankan pengaruhnya melalui : power, politics, networking & negotiation; serta contingency leadership theories. Pada kepemimpinan kelompok akan dibahas tentang ketrampilan berkomunikasi, melakukan coaching dan mengelola konflik; hubungan diadik, kepengikutan (followership) dan pendelegasian; kepemimpinan tim, dan bagaimana memimpin tim yang swa-kelola. Pada kepemimpinan organisasional akan dibahas tentang kepemimpinan kharismatik dan transformasional; kepemimpinan stratejik dan pengelolaan krisis dan perubahan; dan kepemimpinan budaya dan keberagaman, serta kepemimpinan untuk membangun learning organization.
TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Mata kuliah ini membahas tentang komponen-komponen dari pengambilan keputusan yang terdiri dari lingkungan keputusan, pengambil keputusan, proses keputusan, dan hasil keputusan beserta implementasinya. Mata kuliah ini juga membahas teknik-teknik kuantitatif yang relevan bagi pengambilan keputusan.
MANAJEMEN PROSES BISNIS
Mata kuliah Manajemen Proses Bisnis diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa bahwa perubahan seharusnya tidak lagi menjadi sumber ketakutan yang harus dihindari melainkan sesuatu yang akan selalu dihadapi oleh organisasi. Organisasi akan cenderung dikelola berdasarkan proses-proses daripada funsi-fungsi, manajer akan cenderung melakukan coach dan design daripada supervise dan control, karyawan akan menjadi process performers daripada task workers. Mahasiswa diberi wawasan tentang praktik-praktik perusahaan kelas dunia yang dilandasi oleh dilaksanakannya dengan baik Manajemen Kualitas, Strategi Bersaing Berbasis Pasar dan Strategi Bersaing Berbasis Sumber Daya. Dengan diberikankanya mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mengetahui dan mampu merumuskan proses-proses bisnis utama suatu perusahaan dan mampu memberikan usulan untuk mengembangkan atau memperbaikinya.
PENGUKURAN KINERJA
Mata kuliah ini membahas tentang pentingnya pengukuruan kinerja dalam mendukung tecapainya implementasi strategi organisasi. Pada awal perkuliahan mahasiswa akan diberikan wawasan tentang sejarah munculnya konsep pengukuran kinerja, pentingnya pengukuran kinerja dalam bisnis. Selanjutnya diberikan wawasan tentang cara merancang sistem pengukuran kinerja tahap demi tahap hingga implementasinya. Dalam tahapan proses penyusunan kinerja di dalamnya terdapat sarana pengukuran, seperti balance scorecard yang merupakan tools utama dalam pengukuran kinerja. Di dalamnya dibahas mengenai proses penyusunan implementasi strategi dan pengukuran indicator keberhasilannya melalui beberapa perspektif, yakni perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dilanjutkan dengan beberapa pengenalan sarana pengukuran kinerja fungsi operasi organisasi. Selanjutnya mahasiswa dibekali dengan penyusunan rencana implementasi dan evaluasi strategi serta penerapan pengukuran kinerja pada kasus nyata.
MANAJEMEN PEMASARAN BISNIS
Mata kuliah Manajemen Pemasaran Bisnis merupakan mata kuliah pilihan yang dapat diambil mahasiswa S1 Manajemen semester 5 yang sudah lulus dari mata kuliah Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini memberikan kepada mahasiswa S1 Manajemen wawasan mendalam dan pengetahuan tentang bagaimana perusahaan melaksanakan aktivitas pemasaran antar lembaga (business-to-business marketing). Berbagai konsekuensi strategis pemasaran yang ditimbulkan dari karakteristik konsumen bisnis yang berbeda inilah yang menjadi inti mata kuliah ini. Konsep dan teori dasar tentang pemasaran bisnis, perilaku pembelian bisnis, dan pengelolaan permasalahan pemasaran bisnis dipelajari pada perkuliahan ini.
SEMESTER VI
MANAJEMEN STRATEGIK
Mata kuliah ini membahas tentang konsep konsep dasar dari manajemen strategic, cara merancang strategi perusahaan. Di dalamnya dibahas mengenai proses manajemen strategik, cara menganalisa dan mendiagnosa lingkungan internal dan eksternal perusahaan, penyusunan SWOT untuk menentukan pilihan strategi dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi. Selanjutnya mahasiswa dibekali dengan cara menterjemahkan strategi ke dalam rencana implementasi dan evaluasi strategi.
METODOLOGI PENELITIAN (MK)
Mata kuliah ini membahas bagaimana mendisain penelitian ilmiah yang baik, secara khusus pokok pembahasan materi lebih banyak penekannya pada penelitian bisnis. Cakupan materi matakuliah ini antara lain: sifat ilmiah penelitian, etika dalam penelitian bisnis, proses penelitian yang terdiri dari identifikasi masalah, perumusan hipotesis, pemilihan metode analisis, pengumpualan data, pengujian hipotesis, analisis hasil penelitian dan penyajian hasil penelitian dalam bentuk laporan.
MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL
Mata kuliah Manajemen Keuangan Internasional menjelaskan tentang teori-teori dan praktek manajemen keuangan yang relevan dengan perusahaan multinasional (multinational corporation atau MNC). Bagan pertama dan kedua mata kuliah ini menjelaskan tentang aspek ekonomi makro, yang meliputi berbagai teori yang menjelaskan bisnis internasional, neraca pembayaran, pasar keuangan yang memfasilitasi bisnis internasional, serta hubungan antara nilai tukar dengan berbagai variable ekonomi. Bagian lainnya menjelaskan tentang aspek ekonomi mikro dengan fokus pada bidang manajerial , yang meliputi implementasi teori ekonomi dan keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan investasi dan pembelanjaan bagi perusahaan multinasional.
MANAJEMEN INVESTASI
Mata kuliah Manajemen Investasi merupakan pendalaman dari mata kuliah Manajemen Keuangan, Matematika, Statistik, dan Ekonomi Makro. Topik-topik yang dibicarakan meliputi: risk and return dari investasi dalam surat-surat berharga (saham, obligasi), jenis-jenis risiko dalam saham dan obligasi, perhitungan risiko saham, jenis-jenis saham dan obligasi, rating dalam saham dan obligasi, portfolio dalam saham dan obligasi, jenis-jenis risiko dalam portfolio, return dalam portfolio, menghitung risiko dalam portfolio, menentukan portfolio yang efisien, memilih portfolio yang paling efisien. Ada beberapa pendekatan yang digunakan dalam melakukan investasi dalam surat-surat berharga, yaitu: analisis fundamental, analisis teknikal, dan analisis pasar efisien. Dari analisis ini kemudian dapat diketahui, apakah saham tertentu dijual atau dibeli atau apakah saham tertentu tersebut overvalued atau undervalued.
SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN
Mata kuliah Seminar Manajemen Keuangan melatih penalaran mahasiswa dalam menerapkan teori Manajeman Keuangan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan merumuskan alternatif pemecahan masalah atau pengambilan keputusan di bidang keuangan yang dilakukan perusahaan, serta memahami keterkaitan antara berbagai aspek teori Manajemen Keuangan.
MANAJEMEN RESIKO dan KEUANGAN DERIVATIF
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat: Menjelaskan resiko-resiko yang dihadapi perusahaan dan motivasi untuk melakukan pengelolaan resiko. Mengidentifikasi dan menerapkan teknik-teknik yang tersedia untuk mengelola resiko perusahaan. Mengevaluasi efektivitas teknik-teknik manajemen resiko.
LEMBAGA KEUANGAN DAN PASAR MODAL
Matakuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang macam lembaga keuangan dan pasar modal yang menjadi perantara bagi pihak yang memiliki kelebihan dana dan pihak yang membutuhkan dana, serta instrumen-instrumen keuangan yang tersedia baik di pasar uang maupun di pasar modal yang dapat menjadi alternatif investasi bagi pihak yang kelebihan dana dan sumber dana bagi pihak yang membutuhkan dana, serta peraturan operasional yang berkaitan dengan lembaga keuangan dan pasar modal.
KEUANGAN PERSONAL
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep pengelolaan keuangan pribadi, menerapkan konsep manajemen keuangan, manajemen investasi dan manajemen risiko dalam mengelola keuangan pribadi dalam rangka mencapai tujuan keuangan hidupnya. Mata kuliah keuangan personal ini juga merupakan mata kuliah yang menjadi prasyarat bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti ujian sertifikasi Registered Financial Planner (RFP) yang diselenggarakan oleh Financial Planning Standard Board (FPSB) Indonesia.
METODOLOGI PENELITIAN (MP)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar keahlian, alat untuk melakukan penelitian ilmiah yang dimulai dengan pemahaman lingkungan & konseptualisasi. Topik-topik yang dibicarakan meliputi pembentukan teori, proses penelitian, tahap awal dari suatu proses penelitian, jenis penelitian kuantitatif & kualitatif, rancangan & prosedur sampling, pengumpulan data, analisis data kuantitatif maupun kualitatif & penyajiannya, etika dalam penelitian serta analisis statistik non parametrik. Selain topik-topik diatas, mata kuliah ini juga akan membantu mahasiswa dalam mendapatkan wawasan mengenai apa yg perlu dilakukan untuk menyiapkan skripsi yang baik.
PEMASARAN STRATEGIK
Mata kuliah Pemasaran Strategik merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa yang memprogram konsentrasi manajemen pemasaran. Matakuliah ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana perusahaan (atau organisasi) melakukan manajemen pemasaran stratejik dan mengembangkan marketing skills mahasiswa mengenai bidang tersebut. Matakuliah ini terdiri dari 5 bagian yaitu : (1) perubahan fundamental pemasaran beroperasi secara stratejik, sebagai fungsi organisasional (bukan lagi fungsi departemental) di lingkungan yang berubah dengan cepat, (2) analisis pasar yang kompetitif, di mana perusahaan beroperasi, (3) identifikasi posisi kompetitif saat ini dan yang akan datang, (4) strategi kompetitif sesuai posisinya, (5) implementasi strategi sesuai rencana stratejik, dan pengelolaan pemasaran stratejik perusahaan (organisasi) dipelajari pada perkuliahan ini.
PERILAKU KONSUMEN
This course is designed to introduce you to the field of consumer behavior. The primary purposes of the course are to increase your understanding of consumer behavior concepts and to help you to think about them from a managerial perspective. Thus, you will be learning both the theoretical concepts of consumer behavior and their application to marketing strategies and decision making.
SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan wawasan mengenai berbagai isu-isu pemasaran terkini baik secara konseptual maupun metodologi. Mata kuliah ini menjadi kunci terminal dan inti bagi mahasiswa S1 Manajemen yang mengambil konsentrasi Manajemen Pemasaran, karena pembahasannya akan mencakup berbagai aspek dalam disiplin ilmu pemasaran yang pernah diajarkan selama mereka menempuh perkuliahan.
MANAJEMEN PRODUK & MEREK
Pekerjaan manajer produk menjadi makin kompleks sekarang ini. Perubahan teknologi informasi, menyebarnya penggunaan internet, persaingan global, perubahan kebutuhan dan keinginan pelanggan, membuat manajer produk tetap mempunyai tugas mengumpulkan dan mensintesakan informasi, meramalkan perubahan persaingan dan kondisi pasar, merancang ulang strategi pemasaran dan menyesuaikannya dengan perubahan kondisi pasar yang berubah begitu cepat. Matakuliah ini lebih spesifik pada lingkup tugas yang harus dilaksanakan oleh manajer pemasaran pada posisi middle manager, yang bertanggung jawab atas pengelolaan sehari-hari produk atau jasa tunggal atau yang terkait dalam lini produk. Manajer pada posisi tengah ini perlu memahami konsep pemasaran dan keputusan strategi dasar, bagaimana rencana pemasaran produk dibuat, bagaimana memilih strategi pemasaran untuk produk dan atau merek tertentu dan bagaimana mengimplementasikan strategi dengan membuat keputusan pada instrumen marketing mix.
KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
Mata kuliah ini berusaha untuk memberikan bekal teori dan praktek dalam merancang dan mengimplementasikan berbagai sarana komunikasi pemasaran secara terpadu. Pembahasan materi konseptual dimaksudkan untuk dapat memberikan bekal mengenai konsep dan teori dalam manajemen komunikasi pemasaran, sedangkan praktek penugasan diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata dalam mengaplikasikan teori dalam praktek komunikasi pemasaran.
E-MARKETING
Perkembangan teknologi, khususnya internet, tidak saja mendekatkan fungsi pemasaran pada posisi strategis dari sebuah bisnis, tetapi juga mengubah lingkup dan isi dari kajian ilmu manajemen pemasaran. Mata kuliah ini membahas tentang lingkup manajemen pemasaran sebagai pengaruh dari makin massive-nya penggunaan media internet dalam pemasaran. E-Marketing menjelaskan aktivitas pemasaran melalui media internet, bagaimana karakteristik penggunanya, perilaku konsumen yang dimiliki, bagaimana pengelolaan distribusinya, bagaimana menyelenggarakan customer relationship management (CRM), bagaimana perencanan dan strategi yang tepat, serta topik-topik kontemporer seperti jaringan social dan etika yang harus dihadapi oleh e-marketer juga akan dibahas dalam mata kuliah ini.
PEMASARAN INTERNASIONAL
Proses globalisasi tidak saja mendekatkan fungsi pemasaran pada posisi strategis dari sebuah bisnis, tetapi juga mengubah lingkup dan isi dari kajian ilmu manajemen pemasaran. Mata kuliah ini membahas tentang lingkup manajemen pemasaran sebagai pengaruh dari globalisasi tersebut. Manajemen pemasaran internasional menjelaskan aktivitas pemasaran dengan strategi global atau internasional, namun dengan metode operasionalisasinya yang lebih beragam, karena menyangkut manajemen terhadap konsumen dari berbagai wilayah negara, yang memiliki karakteristik budaya dan pengaruh lingkungan setempat yang berbeda, yang berdampak pada pentingnya penetapan strategi pemasaran yang berbeda pula.
METODOLOGI PENELITIAN (MSDM)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar keahlian, alat untuk melakukan penelitian ilmiah yang dimulai dengan pemahaman lingkungan & konseptualisasi. Topik-topik yang dibicarakan meliputi pembentukan teori, proses penelitian, tahap awal dari suatu proses penelitian, jenis penelitian kuantitatif & kualitatif, rancangan & prosedur sampling, pengumpulan data, analisis data kuantitatif maupun kualitatif & penyajiannya, etika dalam penelitian serta analisis statistik non parametrik. Selain topik-topik diatas, mata kuliah ini juga akan membantu mahasiswa dalam mendapatkan wawasan mengenai apa yang perlu dilakukan untuk menyiapkan skripsi yang baik.
MANAJEMEN PERUBAHAN
Mata kuliah Manajamen Perubahan ini memberikan kepada mahasiswa pengertian dan implementasi tentang perubahan organisasi. Agar mahasiswa memperoleh gambaran mengenai perubahan akan dipaparkan perubahan yang terjadi pada berbagai jenis perusahaan. Mata kuliah ini akan menekankan tentang imej-imej dalam manajemen perubahan, mengapa organisasi berubah, perubahan apa saja yang terjadi dalam organisasi, bagaimana mendiagnosanya, investigasi tentang fenomena resistensi dalam perubahan dan bagaimana mengelolanya, bagaimana mengimplementasikan perubahan dengan berbagai imej tentang perubahan, menghubungkan antara visi dengan perubahan, strategi dan keterampilan dan bagaimana mengkomunikasikan perubahanan, serta pembahasan tentang bagaimana memantapkan perubahan. Pengembangan Organisasi (OD) lebih menunjukkan perubahan yang bersifat terencana, hingga menggunakan satu saja pendekatan, menyampingkan alternatif pendekatan lain, di mana tidak semua perubahan bersifat terencana.
MANAJEMEN KOMPENSASI
Mata kuliah ini membahas tentang isu-isu strategik berkenaan dengan permasalahan kompensasi, konsep-konsep dan teknik menentukan besarnya kompensasi yang dilandasi oleh prinsip konsistensi internal dan eksternal, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang bersumber dari kontribusi yang diberikan oleh anggota organisasi, serta membahas berbagai macam tunjangan dan kesejahteraan yang dapat diberikan pada anggota organisasi, dengan membahas pula prinsip pengadministrasian kompensasi. Semuanya itu dibahas agar tercapai tujuan organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kinerja yang berorientasi pada kualitas dan pelayanan pada pelanggan, memenuhi rasa keadilan, biaya yang terkendali, serta sejalan dengan berbagai undang-undang dan peraturan pemerintah mengenai pengupahan dan ketenagakerjaan.
SEMINAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Mata kuliah Seminar Manajemen Sumber Daya Manusia melatih penalaran mahasiswa dalam menerapkan teori Manajeman Sumber Daya Manusia serta untuk mengidentifikasi, menganalisis dan merumuskan alternatif pemecahan masalah atau pengambilan keputusan di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Selain itu dengan seminar ini diharapkan mahasiswa memahami keterkaitan antara berbagai aspek teori Manajemen sumber daya manusia serta aplikasinya dalam dunia bisnis.
DESAIN ORGANISASI
Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana dan apa saja yang mempengaruhi mengapa organisasi perlu dirancang dalam lingkungan yang dinamik. Bahasan tentang rancangan organisasi ini adalah dengan perspektif makro, di mana akan dibahas tentang struktur dan proses dalam organisasi, yang membahas organisasi secara keseluruhan dan rancangan dari komponen utama dan kegiatannya. Pendekatan ini dilakukan dengan mendefiniskan ulang pekerjaan, merestrukturisasi hubungan-hubungan kerja, menyelaraskan antara teknologi dengan sistem bersama-sama dan dengan membangun proses dengan tujuan agar organisasi lebih efektif.
MANAJEMEN KINERJA
Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa akan : Mampu menjelaskan proses performance management serta keselarasan antara performance management dengan strategic planning. Mampu menjelaskan implementasi performance management. Mampu menjelaskan proses mengembangkan karyawan.
MANAJEMEN LINTAS BUDAYA PERSPEKTIF ASIA
Mata kuliah Manajamen Lintas Budaya dengan perspektif Asia ini memberikan kepada mahasiswa wawasan manajemen dengan latar belakang budaya kerja bangsa yang berbeda. Dengan pembandingan lintas budaya itu, mahasiswa akan memperoleh wawasan bahwa praktek manajemen lintas budayapun berbeda. Proses pembandingan dilakukan dengan mengkaji lebih dalam tentang bagaimana struktur motivasi, praktek kepemimpinan, struktur organisasi, desain pekerjaan, pengambilan keputusan dijalankan dari berbagai praktek MSDM dalam berbagai lingkungan budaya. Pembandingan dilakukan antara negara dibelahan Barat maupun Timur, namun dengan tujuan akhir mahasiswa mempunyai wawasan tentang manajemen yang efektif dalam budaya kerja di negara-negara di Asia, khususnya Indonesia.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA INTERNASIONAL
Mata kuliah MSDM Internasional ini memberikan kepada mahasiswa wawasan tentang MSDM Internasional dan fungsi-fungsi MSDM Internasional yang terdiri dari aktivitas seleksi dan repatriasi, pengembangan SDM dalam lingkup internasional, kompensasi, motivasi dan pemimpinan, hubungan industrial serta gambaran tentang berbagai pendekatan MSDM di beberapa Negara.
METODOLOGI PENELITIAN (MO)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar keahlian. Mata kuliah ini berkenaan dengan pembelajaran tentang metodologi riset melalui pemahaman konsep-konsep serta proses penelitian serta latihan (praktik) agar mampu melakukan penyusunan atas tahap-tahap yang terdapat dalam proses penelitian. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami proses penelitian dalam bisnis melalui pembahasan topik-topik seperti, pengenalan tentang proses riset dalam bisnis, memahami tentang bagaimana menyusun disain penelitian (research design), yang didalamnya terdapat pemahaman tentang beberapa macam disain penelitian. Selanjutnya mahasiswa diharapkan juga memahami cara menentukan sumber dan cara melakukan pengumpulan data, dan akhirnya dapat melakukan analisis dan penyajian data dan hasil penelitiannya. Selain topik-topik diatas, mata kuliah ini diharapkan akan membantu mahasiswa dalam mendapatkan wawasan mengenai apa yg perlu dilakukan untuk menyiapkan skripsi yang baik.
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Pada era saat ini arah persaingan cenderung semakin mengglobal. Perkembangan teknologi informasi semakin cepat dan persaingan yang ketat terjadi pada hampir setiap industri. Sementara kebutuhan dan keinginan pelanggan di setiap lokasi menjadi semakin bervariasi. Hal tersebut menuntut perusahaan untuk bisa terus meningkatkan proses bisnisnya agar tetap dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan harga yang bersaing, waktu yang tepat saat dibutuhkan, serta fleksibilitas yang tinggi untuk dapat memenuhi setiap perubahan keinginan konsumennya akan barang atau jasa yang ditawarkan. Namun menyediakan barang dan jasa dengan kualitas yang bagus, harga yang bersaing dengan waktu yang tepat serta fleksibilitas yang tinggi akan sulit apabila hanya diupayakan dengan kekuatan sebuah perusahaan secara mandiri. Upaya yang dilakukan perusahaan adalah bekerja sama dengan berbagai pihak yang terkait mulai supplier sebagai pengolah bahan baku, kemudian produsen yang mengolah bahan baku menjadi produk dalam proses operasi dan jaringan distribusi serta perusahaan transportasi yang menyampaikan produk ke setiap pasar yang dituju. Kerjasama antar berbagai pihak inilah yang melahirkan konsep ”Supply Chain Managemen”t. Supply Chain ( rantai suplai) merupakan jaringan perusahaan-perusahaan yang berkerja sama untuk menciptakan dan menyampaikan suatu produk hingga sampai ke tangan pemakai akhir. Supply Chain Management merupakan suatu koordinasi strategis yang sistematik dan terintegrasi antar berbagai fungsi bisnis yang ada didalam sebuah perusahaan dan antar berbagai perusahaan yang terkait dalam rantai suplai untuk meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan dan juga rantai suplai secara keseluruhan.
STRATEGI OPERASI DAN RANTAI PASOK
Sejalan dengan perkembangan aplikasi bisnis secara global, strategi bisnis akan berkembang secara dinamis. Strategi operasi dan rantai pasok merupakan salah satu kontributor utama dari strategi bisnis. Mata kuliah ini menjadikan mahasiswa memahami tentang prinsip-prinsip dan isu-isu jangka panjang yang berkenaan dangan strategi operasi, dan berkembangnya peran strategi operasi dan rantai pasok menjadi rekonsiliator strategik. Konsekuensinya fungsi operasi sebagai salah sebuah bagian yang integral dari rantai pasok dalam sebuah bisnis juga dituntut untuk semakin dinamis untuk mengantisipasinya, seperti menjamin ketersediaan suplai produk di setiap negara. Kemampuan untuk mendisain dan memproduksi beraneka ragam produk untuk beberapa negara yang mempunyai pola konsumsi dan budaya yang beragam, keputusan strategi kapasitas, tehnologi proses, pengembangan produk dan servis dan penyusunan strategi operasi dan rantai pasok yang sustain.
SEMINAR MANAJEMEN OPERASI & RANTAI PASOK
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan wawasan tentang implementasi manajemen operasi dan rantai pasok dalam bisnis isu-isu manajemen, bisnis, dan organisasi terkini secara konseptual maupun empirik. Pembahasan dan diskusi yang berlangsung di dalam Seminar Manajemen Operasi dan Rantai Pasok ini akan mencakup berbagai materi yang pernah diajarkan selama menempuh perkuliahan, khususnya yang berkenaan dengan manajemen operassi dan rantai pasok, seperti perkembangan proses bisnis organisasi, manajemen operasi, pengambilan keputusan, serta topik khusus yang menjadi matakuliah dalam konsentrasi manajemen operasi dan rantai pasok, seperti supply chain management, manajemen kualitas, pengukuran kinerja bisnis, strategi operasi, manajemen operasi jasa, manajemen proyek dan seterusnya.
PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI
Mata kuliah ini membahas bagaimana pengelolaan persediaan yang meminimalkan biaya persediaan, karena persediaan merupakan salah satu faktor yang memicu peningkatan biaya baik dalam usaha di bidang manufaktur maupun di bidang jasa. Materi perkuliahan meliputi perencanaan dan pengendalian persediaan baik untuk kebutuhan yang bersifat bebas maupun tak bebas. Analisa persediaan untuk kebutuhan yang bersifat bebas diwakili oleh moden EOQ berikut model perluasannya, sedang analisa persediaan untuk kebutuhan bersifat tak bebas akan diwakili oleh konsep MRP.
MANAJEMEN OPERASI JASA
Mata Kuliah ini berisi tentang bagaimana mempersiapkan mahasiswa menjadi seorang manajer operasional yang handal dalam menciptakan dan meningkatkan nilai layanan untuk memenuhi kepuasan konsumen dalam bidang industri jasa.
MANAJEMEN LOGISTIK
Pada akhir kuliah, diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mengenai konsep, metodologi dan implementasi manajemen proyek. Selain itu, dengan menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami keterkaitan antara berbagai fenomena dan aspek teori manajemen proyek serta aplikasi nyata dalam dunia bisnis.
MANAJEMEN KUALITAS
Mata kuliah ini membahas tentang pemahaman perspektif-perspektif kualitas, teori kualitas, standar-standar kualitas internasional dan global, merancang dan menjamin kualitas, perencanaan kualitas strategik, penjaringan suara konsumen dan suara pasar, kualitas dalam rancangan produk dan proses, merancang kualitas pelayanan, mengelola kualitas pemasok dalam rantai pasokan. Selain itu, mempelajari penerapan dan perbaikan kualitas seperti metode kualitas, mengelola tim dan proyek pengembangan kualitas, pengembangan kualitas berbasis statistik bagi variabel dan atribut, manajemen dan model Six Sigma, mengelola pembelajaran untuk pengembangan kualitas serta implementasi dan validasi sistem kualitas.
SEMESTER VII
ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL
Mata kuliah ini berisi tentang pengertian dan filosofi etika bisnis, peranan etika bisnis dalam menyongsong pasar bebas, teori –teori keuntungan sebagai tujuan perusahaan, kewajiban karyawan terhadap perusahaan dan kewajiban perusahan terhadap karyawan, masalah etis seputar konsumen, periklanan dan etika, tanggung jawab sosial perusahaan, etika terhadap lingkungan hidup serta etika bisnis internasional.
ASPEK HUKUM DALAM BISNIS
Mata kuliah ini membahas aspek pengetahuan hukum dalam hal teori dan praktik tentang perjanjian/kontrak, kontrak-kontrak komersial, bentuk-bentuk perusahaan di Indonesia seperti Persekutuan Perdata (Maatschap), Firma (Fa.), Commanditaire Vennotschap (C.V.), Perseroan Terbatas (P.T.), Yayasan, Surat Berharga, serta Hukum Jaminan/Agunan.

Hits 1657