PENGANTAR
VISI DAN MISI
VISI
"Menjadi Program Studi S1 Manajemen yang inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional berdasarkan moral agama"
MISI
- Menyelenggarakan dan mengembangakan pendidikan akademik di bidang manajemen yang berstandar nasional maupun internasional;
- Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu di bidang manajemen yang diakui di tingkat nasional dan internasional;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang penerapan dan pengembangan manajemen.
TUJUAN
Menghasilkan:
- Sarjana Manajemen yang mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang luas tentang prinsip, konsep, terminologi, tujuan, dan praktek manajemen dalam organisasi kontemporer;
- Sarjana Manajemen yang mempunyai kemampuan menemukan, memahami, menjelaskan masalah dan merumuskan cara memecahkan masalah yang ada dalam organisasi dan mengambil keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan;
- Sarjana Manajemen yang mempunyai keterampilan melakukan penelitian berdasarkan pemahaman terhadap metodologi penelitian dan teknik analisis yang relevan;
- Sarjana Manajemen yang mempunyai jiwa kewirausahaan.
- Sarjana Manajemen yang mempunyai sikap kreatif dan inovatif, mandiri dalam berpikir dan bertindak, bekerja dalam tim, berkomunikasi secara efektif, sikap dan perilaku etis.
KOMPETENSI LULUSAN
Lulusan Program Studi Manajemen diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam organisasi bisnis maupun non bisnis berskala nasional maupun internasional dengan jiwa kewirausahaan. Pendidikan di Program Studi Manajemen memberikan kesempatan bagi para siswa untuk dapat memperoleh dan menunjukkan outcomes pembelajaran sebagai berikut:
A. Pengetahuan dan Pemahaman tentang:
- Aspek internal (struktur, perilaku, perubahan), fungsi, dan proses di dalam organisasi.
- Lingkungan tugas organisasi (stakeholders) beserta harapan-harapannya.
- Berbagai faktor lingkungan eksternal organisasi, seperti : ekonomi, etika, hukum, politik, sosial dan teknologi; serta pengaruhnya terhadap strategi, perilaku, dan manajemen organisasi baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional.
- Ragam proses, prosedur dan praktek manajemen yang efektif dan efisien dalam organisasi.
- Pasar dan manajemen pemasaran.
- Sumber, penggunaan dan manajemen keuangan perusahaan.
- Manajemen dan pengembangan sumber daya manusia organisasi.
- Manajemen sumber daya operasi organisasi.
- Perkembangan dan manajemen sistem informasi, serta dampaknya terhadap organisasi.
- Kebijakan dan strategi bisnis yang harus dikembangkan untuk memenuhi kepentingan para stakeholder.
B. Keterampilan Kognitif (intellectual/thinking skills) dalam:
- Mengidentifikasi asumsi-asumsi organisasi, manajemen, dan lingkungan organisasi.
- Mendefinisikan terminologi-terminologi organisasi dan manajemen secara memadai.
- Mengevaluasi pernyataan yang berkaitan dengan organisasi dan manajemen berdasarkan fakta.
- Mendeteksi logika dan alasan-alasan keliru dalam organisasi dan manajemen.
- Melakukan generalisasi secara memadai.
- Mengaplikasikan prinsip, konsep, teori dan metode manajemen dalam organisasi sesuai bidang kajian.
C. Keterampilan Praktis dalam:
- Merencanakan, mengelola, dan melaporkan program riset bisnis dan manajemen baik yang diselenggarakan sendiri maupun secara berkelompok.
- Mendisain dan menggunakan berbagai teknik studi/riset; misalnya kuesioner dan interview.
- Menganalisis, menginterpretasi, dan mengekstrapolasi data dan informasi.
- Mengembangkan model dari suatu permasalahan atau fenomena bisnis.
- Menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan menggunakan pendekatan kualitatif atau kuantitatif.
- Menyusun rencana bisnis (business plan).
- Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi bagi aplikasi bisnis
- Berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis dengan menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
- Melakukan negosiasi dan persuasi.
D. Keterampilan pengembangan diri sendiri (personal development skill) dalam bentuk:
- Mampu melakukan manajemen pribadi berkaitan dengan: waktu, perilaku, motivasi, inovasi serta inisiatif.
- Mengembangkan minat untuk selalu belajar.
- Memiliki sikap peduli, terbuka dan peka terhadap keragaman individu, budaya, stakeholder serta isu-isu bisnis dan manajemen.
- Mampu membangun hubungan dan kerja sama dalam kelompok.
- Mampu membentuk dan memimpin kelompok.
- Memiliki keberanian dalam mengambil risiko.
- Menunjukkan kegigihan dalam melakukan pekerjaannya.