CEO FORUM: Facing VUCA, sebuah Edutainment ++

  • By Super User
  • In S1NEWS
  • Posted 27 Januari 2017

CEO forum MM 17117Sebuah acara menarik kembali diadakan MM FEB UNAIR. Bekerja sama dengan Executive Developmnet Program (EDP), kali ini MM FEB UNAIR mengadakan acara CEO FORUM: FACING VUCA. Berbeda dengan CEO Forum di tahun-tahun sebelumnya, selain dalam bentuk seminar diselenggarakan aktivitas pameran karya seni para dosen Manajemen dan juga kegiatan amal, dalam tajuk Art Fest for Charity. 3 acara yang merangsang otak kiri, otak kanan serta hati yang dikemas menjadi satu rangkaian acara dalam satu hari.
Untuk CEO Forum dibagi menjadi 2 sesi yakni, sesi para praktisi dengan menghadirkan Direktur SDM dan Umum PT PAL Indonesia, Ibu Etty Soewardani, President Director PT Tugu Pratama, Bapak Sabam Hutajulu,Ph.D, Chief HR Officer PT. Terminal Peti Kemas Surabaya Bapak Mohammad Syafiudin,MBA., PT Bank Jatim, Bapak Rudie dan PT Bank BNI Syariah, Bapak Faisal Ramadhan. Materi yang disajikan sangat penting yakni bagaimana para praktisi menghadapi kerapuhan, ketidakpastian, kompleksitas, serta keambiguan (VUCA, Vulnerability, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) dari kondisi lingkungan mikro dan makro. Hal paling penting dimunculkan para praktisi adalah nilai penting SDM dalam menghadapi perubahan. Nilai penting lain adalah spiritualitas dalam pengelolaan.
Dari akademisi, tampil antara lain Wakil Dekan I FEB Unair sekaligus komisaris independen Bank Jatim, Dr. Rudy Purwono; KPS MM UI, Harryadin Mahardika PhD; serta Direktur EDP, Dr. Sri Hartini. Hasil yang didapat dari sesi ini adalah pentingnya penyesuaian materi pembelajaran serta pelatihan bagi para praktisi, berkenaan dengan perubahan dan VUCA.
Di sesi terakhir dilakukan lelang lukisan karya Prof Dr. Bambang Tjahjadi, yang berkenaan dengan sifat Maha Pengasih Tuhan yang seharusnya juga menjadi bagian dari sifat makhlukNYA. Lukisan beliau di lelang sebagai bagian dari aktivitas charity yang dilakukan di acara ini. MM Unair dan EDP, bermaksud memberikan sumbangan kepada para penderita kanker anak di RS Dr Soetomo. Sumbangan adalah dalam bentuk buku bacaan sebagai sedikit penawar bagi rasa sakit yang di derita. Dan animo pembicara dan peserta sangat tinggi untuk terlibat dalam charity, dari TPS dan BNI Syariah, diperoleh sumbangan buku. Dari peserta juga didapat sumbangan uang. Adapun dari hasil lelang, terjual dengan nilai Rp 3,2juta.
Di acara tersebut juga dipamerkan hasil karya para dosen manajemen selain lukisan dari Prof. Bambang Tjahjadi, juga lukisan dan batik dari Dr Sri Hartini, serta desain baju dari Noorlaily Fitdiarini. Tidak ketinggalan lagu dari Dr. Gancar C Premananto, Haryaddin Mahardika, PhD, Dr. Indrianawati Usman dll.

Hits 708